The 1st North Sumatera Ophthalmology Scientific Meeting 2019

North Sumatera Opththalmology Scientific Meeting dengan tema “Exploring the New Strategies in Eye Therapeutic”. Acara yang berisi simposium dan workshop digelar selama dua hari, 19-20 April di Hotel Santika Dyandra, Medan.

Ketua Panitia dr Hj Aryani A Amra, MKed (Oph) SpM (K) memiliki tujuan dalam kegiatan ini untuk pertama kalinya ini memang dimaksudkan untuk meningkatkan profesionalisme dokter mata di Indonesia, khususnya Sumatera Utara. Dalam perkembangannya saat ini, pelayanan kesehatan mata tidak hanya melibatkan dokter mata saja namun juga dokter umum. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi pemahaman terhadap strategi pelayanan kesehatan mata agar semakin berkualitas. Sejauh ini dokter spesialis mata di Sumatera Utara jumlahnya sudah mencukupi, teknologi-teknologi di bidang kesehatan mata juga sudah baik walaupun perlu peningkatan tinggal lagi dukungan pemerintah terhadap penyediaan obat-obatan mata yang berkualitas perlu ditingkatkan. Umumnya, penyakit mata yang kerap dikeluhkan oleh para pasien adalah penurunan penglihatan yang disebabkan oleh faktor usia atau radiasi, penyakit mata lainnya yakni refraksi, katarak dan glaukoma.

Kegiatan simposium dan workshop ini juga bertujuan untuk  memberikan pengetahuan kepada dokter mata dan dokter umum terkait pelayanan kesehatan mata yang merupakan bagian dari program pemerintah menciptakan kesehatan masyarakat Indonesia yang paripurna.

Dekan FK USU Dr dr Aldy Syafruddin Rambe, Sp.S (K) dalam sambutannya menyambut baik kegiatan North Sumatera Opththalmology Scientific Meeting tersebut. Sebab kegiatan ilmiah di dalam dan luar kampus akan menunjang akreditasi yang pada akhirnya meningkatkan mutu dan kualitas pengajaran. 

Ketua Persatuan Dokter Mata Indonesia (Perdami) dr Delfi MKed (Oph) SpM (K) berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan di masa yang akan datang, sehingga profesionalisme dokter mata Indonesia dapat lebih meningkat sesuai tuntutan zaman. 

Turut dihadiri oleh Ketua IDI Wilayah Sumatera Utara Dr Edy Ardiansyah SpOG (K).

Kegiatan North Sumatera Opththalmology Scientific Meeting itu sendiri diisi oleh narasumber dari dalam dan luar negeri. Di antaranya  Dr Barkeh Hanim Jumaat MBBS FRCSED MS Mmed (ISEC-Malaysia), Prof Dr Ropilah Abdul Rahman MD MS Ophthal (UKM-Malaysia) dan Prof Dr Norshamsiah Md Din MD MS Ophthal (UKM-Malaysia).

Berikutnya Prof Dr Rita Sita Sitorus SpM (K) PhD (UI-RSCM, Jakarta), dr Susanti Natalia S SpM (K) MKes (RS Cicendo-Bandung), Dr dr Andika Prahasta SpM(K) MKes (RS Cicendo-Bandung) dan dr M Firmansjah SpM(K) (UNAIR-RS Dr Soetomo, Surabaya). 

Sesi Foto Bersama Panitia

 Sesi Foto Bersama Panitia 1st North Sumatera Ophthalmology Scientific Meeting 2019
 
Sesi Foto Bersama
 Sesi Foto Bersama Panitia dan Para Pembicara Simposium dan Workshop 1st NSOSM 2019
 
Sesi Foto Bersama
 
Sesi Foto Bersama Panitia dan Para Pembicara Simposium dan Workshop 1st NSOSM 2019